cover
Contact Name
Rahmita Nurul Muthmainnah
Contact Email
rahmita_nurul@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
fibonacci@umj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 24607797     EISSN : 26148234     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PBL BERBANTUAN CABRI 3D MATERI DIMENSI TIGA KELAS X SMA Pitriani Pitriani
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 1 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.709 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.1.1-10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKS berbasis PBL berbantuan Cabri 3D materi dimensi tiga yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa, serta menjelaskan proses pengembangannya, (2) mendeskripsikan karakteristik LKS berbasis PBL berbantuan Cabri 3D materi dimensi tiga. Penelitian ini merupakan Development Research tipe Formative Evaluation. Dalam mengembangkan LKS, peneliti melalui tahap preliminary dan protityping dengan alur formative evalution. Pada tahap protityping melibatkan siswa kelas X salah satu SMA negeri di Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, walk through, dan hasil tes. Penelitian ini menghasilkan LKS berbasis PBL berbantuan Cabri 3D materi Dimensi Tiga yang valid dan praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Kevalidan LKS ditinjau dari kesesuaian dengan kurikulum dan hasil validasi pakar serta uji prototipe. Efek potensial dari LKS ini terlihat dari kemampuan siswa menentukan kedudukan, jarak dan sudut unsur-unsur bangun ruang. Hasil evaluasi belajar menunjukkan bahwa 83,3 % siswa tuntas dengan KKM 75. Dari hasil pengamatan tidak terstruktur selama proses pembelajaran siswa memiliki inisiatif dan antusias dalam belajar serta memanfaatkan sumber-sumber belajar.
PENERAPAN LEGO BRICKS DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIS SISWA DALAM MENGHITUNG BILANGAN BERPANGKAT Mutia Rahma Setyani; Sylmi Wulan Dita; Intan Nur Tunggadewi
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 1 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.898 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.1.53-64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran dan mendeskripsikan kecerdasan matematis siswa dalam menghitung bilangan berpangkat setelah menggunakan lego bricks pada siswa kelas III Tahassus MIS Ta’allamul Huda. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ini dengan model pembelajaran Cooperative Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas III ahassus MIS a’allamul Huda yang berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan penerapan lego bricks pada perhitungan bilangan berpangkat meningkat pada setiap siklusnya. Pada tahap Pra Siklus, hanya 40% siswa yang lulus dalam mengerjakan soal-soal dari bilangan berpangkat, kemudian pada Siklus I berdasarkan hasil observasi didapatkan kenaikan yang signifikan yaitu 80% siswa yang lulus dalam mengerjakan soal mengenai bilangan berpangkat. Masih ada 20% siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan soal tersebut. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan, pada Siklus II didapat kenaikan yang luar biasa yaitu seluruh kelompok siswa lulus dalam mengerjakan soal mengenai bilangan berpangkat. Hal tersebut dibuktikan kembali melalui hasil post test pada tahap Pasca Siklus dimana nilai seluruh siswa berada diatas kriteria ketuntasan minimum, yaitu 85-100 sehingga penerapan lego bricks untuk meningkatkan kecerdasan matematis siswa dalam menghitung bilangan berpangkat dikatakan berhasil.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION BERBANTUAN BUKU SISWA PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI Nila Ubaidah
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 1 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.377 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.1.11-22

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran auditory intellectual repetition berbantuan buku siswa terhadap Peningkatan kemampuan penalaran siswa pada materi persamaan trigonometri. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan observasi keaktifan siswa, hasil tes kemampuan penalaran siswa sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Menurut hasil pembahasan ditemukan bahwa penerapan langkah-langkah auditory intellectual repetition berbantuan buku siswa dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi persamaan trigonometri. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematis yang dicapai oleh siswa. Hasil yang telah dicapai pada siklus I dan II di mana telah memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian ini dianggap telah berhasil sehingga tidak perlu dilakukan siklus berikutnya. Kinerja siswa, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori efektif, respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif dan ketuntasan hasil kemampuan penalaran siswa secara klasikal tercapai maka efektif digunakan untuk mengajarkan materi persamaan trigonometri. 
PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SETELAH MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW Luthfi Huriyanti; Hastri Rosiyanti
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 1 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.238 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.1.65-76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran quick on the draw. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pre-eksperimental design dengan desain penelitian yaitu one-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bekasi sebanyak 429 siswa dengan sampel seluruh siswa kelas VII-3 sebanyak 43 siswa. Hasil uji validitas dan reliabilitas menghasilkan 26 soal yang valid dan reliabel. Hasil angket motivasi belajar matematika yang berupa data ordinal terlebih dahulu ditransformasikan menjadi data interval menggunakan MSI (Methode of Successive Interval). Uji hipotesis dihitung dari skor pretest dan posttest angket motivasi belajar matematika dengan menggunakan uji-t sampel tak bebas dan dihasilkan t0 = 2,398 dan ttabel= 2,021 yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran quick on the draw.
UPAYA MENINGKATKAN DAYA BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOCRATES KONTEKSTUAL Idham Khaliq; Aulia Azzahra; Alsavira Safitri; Rahmita Nurul Muthmainnah
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 1 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.963 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.1.23-30

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode socrates kontekstual pada kelas VIII-3 MTs Al-Gozali Gunungsindur Kabupaten Bogor materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan kubus dan bagian-bagiannya. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII-3 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen tes uraian dan lembar observasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan desain siklus PTK menggunakan model Kemmis S dan Mc. taggert. Pada penelitian tindakan siklus ini terdapat tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan (planing), tindakan (acting), observasi (Observing), dan refleksi (reflecting). Adapun kriteria keberhasilan minimal tindakan setiap siklusnya dari penelitian ini adalah sebesar 75% dari nilai ketuntasan pada setiap siklusnya. Analisis data pada penelitian ini berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan daya berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan metode socrates kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan kubus dan balok. 
PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA Linda Astriani
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 1 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.431 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.1.77-85

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tangerang Selatan tahun ajaran 2016/2017 semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan posttest-only control design dan design treatment by level 2x2. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan tes kemampuan awal  matematika. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Anava dua jalur dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorv-Smirnov, dan uji homogenitas dengan uji Levene. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar melalui pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional; (2) terdapat interaksi antara pembelajaran Reciprocal Teaching dengan kemampuan  awal    matematika     terhadap    kemampuan   pemahaman  konsep matematika; (3) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang belajar melalui pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari siswa yang belajar melalui pembelajaran  konvensional; (4) tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kemampuan awal matematika rendah antara siswa yang belajar melalui pembelajaran Reciprocal Teaching dan siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRIGONOMETRI BERBASIS KONTEKSTUAL MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA Nunu Nurhayati
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 1 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.945 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.1.31-44

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan bahan ajar Trigonometri berbasis Kontekstual melalui metode Guided Discovery untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan matematika Universitas Kuningan. Metode dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan pengembangan mengacu pada model Procedural Borg and Gall yang terdiri dari tiga tahap yaitu analisis, pengembangan, dan uji coba untuk pematangan bahan ajar. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat 1 semester 2 program studi pendidikan matematika Universitas Kuningan tahun akademik 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi bahan ajar, skala sikap mahasiswa, lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan seperangkat tes kemampuan pemahaman konsep mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan bahan ajar Trigonometri berbasis Kontekstual melalui metode Guided Discovery. Bahan ajar dikembangkan dengan tiga tahapan pengembangan yaitu tahap analisis meliputi analisis kurikulum, analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen, serta analisis karakteristik mahasiswa. Tahap selanjutnya adalah tahap pengembangan yang meliputi pengembangan bahan ajar dilanjutkan dengan penyusunan instrumen penelitian serta validasi bahan ajar. Tahap berikutnya adalah uji coba untuk pematangan bahan ajar. Pada tahap ini diketahui kualitas bahan ajar yaitu berdasarkan penilaian validator tergolong kategori baik dengan persentase keidealan 74,54%. Berdasarkan uji statistik diperoleh kesimpulan bahwa hasil uji coba bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa diperoleh dari nilai gain 0,36 yang tergolong kategori peningkatan sedang. Uji statistik didukung oleh hasil observasi sebesar 80% dan angket dengan rata-rata persentase sebesar 86,7%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahan ajar trigonometri berbasis kontekstual melalui Guided Discovery untuk meningkatkan pemahaman konsep yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan praktis. 
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KONSEP BANGUN RUANG MATERI LUAS DAN VOLUME BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN METODE DRILL SEKOLAH SMP ISLAM AL-GHAZALI KELAS VIII Mega Purnamasari; Jainuri Isman; Aulia Damayanti; Ismah Ismah
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 3, No 1 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (886.664 KB) | DOI: 10.24853/fbc.3.1.45-52

Abstract

Sebagai pendidik, guru memiliki tanggung jawab besar terkait dengan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa terhadap materi yang disampaikan mengingat kemampuan dasar siswa terhadap materi belajar. Matematika berbeda-beda. Oleh itu guru harus pandai memilih strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan kelas. Pembelajaran drill merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang menggabungkan antara belajar individu dan kelompok. Pada pembelajaran ini siswa terlebih dahulu diharuskan memahami materi dan mengerjakan soal yang ada secara individu, setelah itu siswa berdiskusi dengan teman satu kelompoknya untuk saling berbagi hasil pemikiran masing-masing. Keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dilihat dari hasil belajar yang diperoleh berupa nilai ulangan harian yang dilaksanakan dalam tiap akhir siklus.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok dengan penerapan metode drill. Penelitian ini diperuntukan bagi kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes tulis yang digunakan untuk mengukur hasil dan ketuntasan belajar, sedangkan instrumen non tes berupa lembar observasi dan wawancara, yang digunakan untuk melihat aktivitas siswa dan peneliti dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Data tentang hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok, pada siklus I persentase sebesar 57,7%, pada siklus II persentase meningkat menjadi 84,62%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada  materi kubus dan balok.

Page 1 of 1 | Total Record : 8